Rabu, 16 Maret 2016

Tak Sekedar Tempat Singgah

Rumah, tak sekedar tempat singgah melepas penat, berteduh dari teriknya cahaya matahari, berlindung dari derasnya air hujan & kencangnya tiupan angin. Bukan juga sekedar tempat menikmati kehidupan duniawi. Jika rumah hanya sekedar dijadikan tempat singgah, maka tiap ketukan langkah akan kehilangan makna, semangat, & terasa kering. Tapi saat rumah tak sekedar tempat singgah & rehat, tetapi jadilah tempat penuh cinta, cerita & cita yang hakiki. Akan selalu ada semangat yang menyala untuk melangkah.
Di sanalah tempat melabuhkan kerinduan untuk bersua dengan mereka yang di cinta karena-Nya, berbagi suka & duka. Begitu indah & nikmatnya berbagi kisah yang di alami saat menunaikan aktivitas. Entah itu kisah saat mencari rizki yang halal nan thayyib, cerita saat menimba ilmu, atau rangkaian kisah lainnya saat bermualah. Ada antusiasme saat mendengarkan, tatapan yang penuh perhatian saat berbincang tentang kisah yang didapati. Lalu kita saling memberi nasehat yang indah nan menguatkan dalam ketaqwaan.
Inilah hunian yang syariat islam hidup & ditegakkan dengan penuh ketaatan dalam nuansa imani. Tentunya penuh ikhtiar & pengorbanan. Inilah tempat yang banyak menyimpan kisah & jadi saksi bisu tentang perjalanan hidup, hingga selalu ada alasan untuk kembali. Memang tak sekedar cerita indah yang terjadi, ada masa-masa saat tempat singgah ini tertulis dengan cerita pilu atau menyakitkan tak sesuai harapan. Tapi saat keimanan tertanam kuat ditiap insan yang ada di dalamnya, maka mereka yakini itu merupakan ujian dari-Nya. Harus dilalui tentunya dengan keimanan, dengan sesempurna ikhtiar, kesungguhan dalam berkorban & sebaik-baik berserah diri dalam tawakkal.
Sekali lagi, rumah bukan sekedar tempat singgah. Disanalah banyak mimpi yang dirajut, untuk dapati ridha Ilahi nan bermanfaat untuk ummat. Akan selalu ada alasan untuk kembali, karena cinta, tentang bisik rindu, mengenang kisah, memberi manfaat & teladan. Inilah Baiti Jannati, meski sederhana tapi penuh makna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar