Senin, 19 Mei 2014

Membangun Komitmen



 


Komitmen harus ada disetiap perjuangan kita dalam mewujudkan sebuah harapan, meraih sebuah cita, atau mengejawantahkan sebuah visi. Komitmen  itu harus ada, karena ia menjadi salah satu penjaga pada diri kita agar terus bergerak dalam ruang amal. Memang tak mudah melatih komitmen yang kita siratkan agar mendekap erat dan tertanam pada jiwa.

Banyak orang yang memilki cita-cita yang besar, tapi terkadang komitmennya tak sebesar apa yang ia citakan. Ini mungkin karena apa yang diinginkan tersebut tak tertanam dalam jiwa, tak merasuki ditiap ruas tulang yang ada. Hingga gerak ikhtiar tak begitu menggelora, semangat juangnya tak begitu bercahaya, pengorbanan yang dilakukan seadanya dan doa yang dipanjatkan pada Allah, ala kadarnya tanpa harapan tanpa keyakinan bahwa Allah kan ijabihi pinta. Coba tengok kembali Q.S Gafir ayat 60 “berdoalah kepada Ku (Allah), niscaya akan Aku perkenankan padamu.” Jangan remehkan kekuatan doa, berdoalah agar komitmen pada sebuah cita terus beriingan bersama dalam gerak tiap langkah. Membangun komitmen dan menjaganya memang tak mudah, tapi pasti harus terus berusaha dan memelihara komitmen terhadap suatu hal yang kita impikan.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan dalam membangun sebuah komitmen:
   1. Milikilah narasi yang besar akan komitmen yang kita perjuangakan, sebuah kemanfaatan yang terasa bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk semua.
   2. Tanamkan tentang visi, sematkan cita dan resapi mimpi yang ingin diwujudkan kedalam jiwa. Agar merasuki ketiap ruas tulang, menjadi urat nadi dan sebagai sumber energi yang tak terkira ditiap langkah dalam merealisasikannya.
  3. Berikan sebuah punishment atau iqob (denda atau hukuman) pada diri sendiri, jika kita tak bisa tunaikan komitmen dengan baik.
  4. Saat diri kita lemah dan ingin melepaskan komitmen dalam sebuah lorong perjuangan, ingatlah kembali kenapa kita membuat sebuah visi yang kita kuatkan dengan komitmen kita untuk mewujudkannya.

Karena komitmen adalah janji, komitmen ialah pengorbanan, komitmen adalah ikatan kesetian akan sebuah visi besar dan komitmen adalah perjuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar